RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
TEMA : MENGINDETIFIKASI TENTANG CERITA RAKYAT
KELAS / SEMESTER : 5 / 1
ALOKASI WAKTU : 3x40 MENIT
HARI / TANGGAL : 18 AGUSTUS 2010
NO.RPP : 17
1. STANDART KOMPETENSI
Mendengarkan dan menjelaskan dari nara sumber cerita rakyat secara lisan.
2. KOMPETENSI DASAR
Mengindetifikasi unsure cerita tentang cerita rakyat.
3. INDIKATOR
- menuliskan urutan peristiwa cerita rakyat yang di dengar .
- menceritakan kembali secara lisan cerita rakyat yang di dengar.
4. TUJUAN PEMBELAJARAN
- mellui mendengarkan cerita rakyat dari kaset rekaman siswa mampumenuliskan urutan peristiwa dan menceritakan kembali secara lisan cerita rakyat yang didengar.
5. MATERI AJAR , METODE , MEDIA , DAN SUMBER AJAR
a. Materi
Mendengarkan cerita rakyat yang berjudul “ asal usul kota semarang” dalam kaset rekaman.
b. Media
Kaset rekaman
c. Metode
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Penegasan
d. Sumber ajar
- Silabus
- Buku paket bahaa Indonesia kelas 5 milik pemkot semarang.
6. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan awal ( kurang lebih 10 menit )
- Pengkondisian tugas
- Mengecek kehadiran ( absensi ) siswa
- Apersepsi “ menanyakan cerita apa saja yang pernah mereka dengar”
- Memotifikasi siswa
- Menjelaskan
b. Kegiatan inti ( kurang lebih 95 menit )
- Siswa mendengarkan penjelasan dari guru mengenai unsure – unsure cerita rakyat meliputi alur cerita, penokohan, tema dan lain – lain.
- Guru memutar kaset rekaman cerita rakyat yang berjudul “ asal usul kota semarang’ dan siswamendengarkannya secara cermat dan dibagi menjadi beberapa kelompok.
- Seluruh siswa mencatat unsure – unsure apa saja yang ada dalam cerita rakyat tersebut.
- Guru meminta beberapa siswa maju ke depan untuk mencatat unsur – unsur cerita rakyat yang telh di tulis di buku tulis di depan kelas.
- Siswa yang lain di minta member tanggapan / saran apakah unsure – unsure cerita yang ditulis apakah sudah sesuai dengan unsure – unsure cerita yang ada dikaset rekaman.
- Siswa diminta menulis kembali / menceritakan kembali cerita rakyat yang di dengar dengan kata – kata sendiri
c. Kegiatan akhir ( kuran lebih 15 menit )
- Guru bersama siswa menyimpulkan materi
- Evaluasi
- Motifasi
- Salam
7. PENILAIAN
Jenis test : tes pembuatan soal berupa tugas membuat cerita rakyat yang mereka ketahui.
LEMBAR PENGAMATAN KEGIATAN SISWA
NAMA | KETEPATAN MENYUSUN CERITA BERDASARKAN BAGIAN – BAGIAN / UNSUR - UNSURNYA | KEAKTIFAN | PENGGUNAAN EYO | ||||||
| 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 |
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
Keterangan : 1 = kurang
2= cukup
3= baik
Tuban, 18 Agustus 2010
Guru Pembimbing Praktikum
Drs.H. Wartono, M.pd Eko Budi Prasetyo
NIP: NIM:11 19 09 0972
Tidak ada komentar:
Posting Komentar