Jumat, 26 Agustus 2011

RPP IPS kelas 3 semester 1


                                          RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  

Mata pelajaraan            : Ilmu pengetahuan social
Tema                            : lingkungan
Kelas/ semester            : III / I
Alokasi waktu              : 2x35 menit
Hari / tanggal                : sabtu, 19 desember  2010

1.      Standart kopetensi
Ø  Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama di sekitar rumah an sekolah
2.      Kopetensi dasar
Ø  Kemampuan mendekskripsikan kedudukan dan peran keluarga
3.      Indicator
Ø  Menjelaskan kedudukan dan peran keluarga
Ø  Membuat silsilah kelurga
4.      Tujuan pembelajaran
Ø  Melalui  penjelasan dari  guru siswa mampu menjelaskan kedudukan peran keluarga serta membuat silsilah
5.      Materi, media, ,metode dan  sumber  ajar
a.      Materi ajar
Ø  Silsilah keluarga
b.      Media
Ø  Teks baca
Ø  Gambar lingkungan
Ø  Gambar lingkungan
Ø  Alat-alat ukur
c.       Metode
Ø  Ceramah
Ø  Tanya jawab
Ø  Penugasan
Ø  Demonstrasi
d.      Sumber ajar 
Ø  Silabus kelas 3
Ø  Buku paket  PKPS kelas 3 ( pemkot )
Ø  Buku paket bahasa Indonesia kelas 3 ( pemkot )

6.      Langkah – langkah pembelajaran
a.       Kegiatan awal ( lebih kurang 10 menit )
Ø  Mengkondisikan kelas
Ø  Mengecek kehadiran siswa (absensi)
Ø  Melakukan appersepsi
Ø  Menjelaskan  tujuan pembelajaran
Ø  Memberikan motifasi
b.      Kegiatan inti
Ø  Guru menampilkan teks bacaan di depan kelas
Ø  Guru memberikan contoh contoh membaca yang baik dan benar
Ø  Guru bersama – sama membaca teks bacaan
Ø  Guru meminta beberapa siswa membaca teks bacaan di depan kelas
Ø  Guru menampilkan gambar silsilah dalam keluarga
Ø  Guru menanyakan kepada siswa kedudukan dan peran anggota keluarga
Ø  Guru menampilkan gambar lingkungan di depan kelas
Ø  Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi isi dari gambar tersebut
c.       Kegiatan akhir
Ø  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi
Ø  Guru mengadakan evaluasi
Ø  Member motifasi belajar
Ø  Mengakhiri pertemuan
Ø  Analisasi  à perbaikan  yang nilainya kurang
                  à pengayaan yang nilainya baik ( cukup )
7.      Penilaian
Prosedur                      : -  tes awal ada
-          Tes dalam proses ada
-          Tes akhir ada
               Jenis tes                     : tertulis, penegasan / penilaian kinerja
               Alat penilaian : soal



Tuban, 19 desember 2010
Guru Pamong                                                                           praktikan




Eko Budi Prasetyo
NIM: 1119090876

Tidak ada komentar:

Posting Komentar