RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaraan : Ilmu pengetahuan social
Tema : lingkungan
Kelas/ semester : III / I
Alokasi waktu : 2x35 menit
Hari / tanggal : sabtu, 19 desember 2010
1. Standart kopetensi
Ø Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama di sekitar rumah an sekolah
2. Kopetensi dasar
Ø Kemampuan mendekskripsikan kedudukan dan peran keluarga
3. Indicator
Ø Menjelaskan kedudukan dan peran keluarga
Ø Membuat silsilah kelurga
4. Tujuan pembelajaran
Ø Melalui penjelasan dari guru siswa mampu menjelaskan kedudukan peran keluarga serta membuat silsilah
5. Materi, media, ,metode dan sumber ajar
a. Materi ajar
Ø Silsilah keluarga
b. Media
Ø Teks baca
Ø Gambar lingkungan
Ø Gambar lingkungan
Ø Alat-alat ukur
c. Metode
Ø Ceramah
Ø Tanya jawab
Ø Penugasan
Ø Demonstrasi
d. Sumber ajar
Ø Silabus kelas 3
Ø Buku paket PKPS kelas 3 ( pemkot )
Ø Buku paket bahasa Indonesia kelas 3 ( pemkot )
6. Langkah – langkah pembelajaran
a. Kegiatan awal ( lebih kurang 10 menit )
Ø Mengkondisikan kelas
Ø Mengecek kehadiran siswa (absensi)
Ø Melakukan appersepsi
Ø Menjelaskan tujuan pembelajaran
Ø Memberikan motifasi
b. Kegiatan inti
Ø Guru menampilkan teks bacaan di depan kelas
Ø Guru memberikan contoh contoh membaca yang baik dan benar
Ø Guru bersama – sama membaca teks bacaan
Ø Guru meminta beberapa siswa membaca teks bacaan di depan kelas
Ø Guru menampilkan gambar silsilah dalam keluarga
Ø Guru menanyakan kepada siswa kedudukan dan peran anggota keluarga
Ø Guru menampilkan gambar lingkungan di depan kelas
Ø Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi isi dari gambar tersebut
c. Kegiatan akhir
Ø Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi
Ø Guru mengadakan evaluasi
Ø Member motifasi belajar
Ø Mengakhiri pertemuan
Ø Analisasi à perbaikan yang nilainya kurang
à pengayaan yang nilainya baik ( cukup )
7. Penilaian
Prosedur : - tes awal ada
- Tes dalam proses ada
- Tes akhir ada
Jenis tes : tertulis, penegasan / penilaian kinerja
Alat penilaian : soal
Tuban, 19 desember 2010
Guru Pamong praktikan
Eko Budi Prasetyo
NIM: 1119090876
Tidak ada komentar:
Posting Komentar