RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : IPA
Kelas/semester : 6 / 1
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
Hari tanggal ; kamis , 31 januari 2011
1. Standart kopetensi
Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
2. Kopetensi dasar
Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem ).
3. Indicator
Memprediksi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam ekosistem
Meramalkan penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan.
4. Tujuan pembelajaran
Melalui mengamati beberapa gambar ekosistem siswa mampu menjelaskan pengertian ekosistem dan contohnya.
Melalui bermain peran siswa mampu memprediksi kegiatan manusia yang dapat mempengarihi keseimbangan ekosistem.
Melalui mendengarkan penjelasan dari guru siswa mampu menjelaskan pengertian ekosistem contohnya dan mampu memprediksi penggunaan bahan kimia pada lingkungan .
5. Materi ajar, metode, media, dan sumber ajar
a) Materi ajar
Ø Factor – factor yang mempengaruhi ekosistem ( keseimbangan ekosistem)
ü Ekosistem adalah hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungan.
Contoh : : Laut ( ekosistem alami )
Akuarium ( ekosistem buatan )
ü Ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk karena alam
( contoh : hutan, laut, sungai )
ü Ekosistem buatan adalah ekosisem yang sengaja di buat oleh manusia. ( contoh : akuarium, tambak, sawah )
ü Komponen biotic adalah komponen yang terdiri dari makhluk hidup. Contoh: manusia, hewan, tumbuhan, mikroorganisme.
ü Komponen abiotik adalah air, tanah, udara, suhu, iklim, sinar matahari.
Ø Berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem
ü Penggunaan bahan kimia
ü Penebangan hutan dan pembakaran hutan
ü Perusakan terumbu karang
ü Pembangunan indusrti ( proyek )
ü Pemburuan liar
b) Metode
ü Ceramah
ü Tanya jawab
ü Penegasan
ü Demonstrasi
c) Media
ü Gambar ekosistem
d) Sumber ajar
ü Silabus
ü Buku paket SAINS kelas 6 milik PEMKOT SEMARANG
ü Buku paket SAINS kelas 6 milik ERLANGGA
6. Langkah – langkah pembelejaran
a) Kegiatan awal ( lebih kurang 10 menit )
ü Mengkondisikan siswa
ü Mengecek kehadiran siswa
ü Apersepsi
Memberikan beberapa pertanyaan, misalnya:
1. Siapa yang pernah pergi ke hutan?
2. Di hutan ada siapa saja?
Memotifasi belajar siswa, seperti:
1. Ucapan pintar, bagus, rajin, dan lain-lain
2. Mengacungkan jempol
b) Kegiatan inti
ü Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang pengertian populasi, komunitas, dan ekosistem.
ü Guru menyuruh 3 orang siswa maju ke depan kelas untuk bermain peran dan siswa lain untuk mendengarkan.
ü Guru menyuruh siswa yang lain untuk member tanggapan isi dari bermain peran yang telah dilakukan dengan temannya.
ü Guru menjelaskan dan member contoh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi ekosistem cara perawatan ekosistem.
ü Gueu meminta siswa untuk mencari contoh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi ekosistem cara perawatan ekosistem.
c) Kegiatan akhir
ü Guru bersama – sama siswa mengumpulkan hasil materi yang telah di pelajari.
ü Evaluasi dan analisis
ü Memotifasi belajar siswa misalnya, di rumah belejar yang rajin ya . . . . .!!! jangan lupa PRnya di kerjakan!
ü Mengakhiri pertemuan ( ucapan terima kasih dan salam )
7. Penilaian
Prosedur tes :
ü Tes awal : ada ( apersepsi )
ü Tes dalam proses : ada ( pertnyaan lisan )
ü Tes akhir : ada ( soal isian )
ü Jenis tes : tertulis
ü Bentuk tes : soal esay
ü Aspek kognitif : mengerjakan soal
ü Aspek efektif : selama proses pembelajaran
ü Alat evaluasi : tes
8. Soal
Soal tes dalam proses ( lisan )
a. Apa yang kita ketahui tentang populasi?
b. Apa yang di maksud dengan komunitas?
c. Apa yang kamu ketahui tentang ekosistem?
d. Berikan contoh tindakan yang dapat merusak keseimbangan ekosistem?
e. Berikan contoh cara melestarikan lingkungan?
Jawaban
a. Populasi adalah Beberapa individu sejenis yang hidup di daerah tertentu.
b. Komunitas adalah Beberapa populasi yang hidup di suatu daerah tertentu.
c. Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara komunitas dengan lingkungan.
d. - Penggunaan bahan kimia
- Penebangan hutan secara liar dan pembakaran hutan
- Perusakan terumbu karang
- Penbangunan industry
- Pemburuan liar
e. - membuang sampah pada tempatnya sehingga tidak dapat mengakibatkan banjir
- Membuang limbah secara benar sehingga tidak mengakibatkan kerusakan pada populasi di air.
- Menanam pohon jati kembali di hutan yang rawan longsor / erosi pada tanah, Karena hutan termasuk paru – paru dunia sehingga harus di lestarikan.
- Menanam bunga lidah buaya dapat di yakini masyarakat karena bisa mengurangi polusi udara.
Soal tes dalam akhir
( isilah titik pada kolom table di bawah ini)
No | Peristiwa | Yang akan terjadi | Cara mananggulangi |
1 | Kebakaran hutan | | |
2 | Asap tambang minyak | | |
3 | Sampah di sungai | | |
4 | Menangkap ikan dengan bahan peledak | | |
Jawaban
no | Peristiwa | Yang akan terjadi | Cara menanggulangi |
1 | Kebakaran hutan | Hutan gundul, hewan yang di tebang akan punah, tanah longsor | Reboisasi, tidak menebang hutan secara liar, sengkedan |
2 | Asap tambang minyak | Pencemaran udara | Membuat cerobong asap |
3 | Sampah di sungai | Banjir, pencemaran air | Membuang sampah pada tempatnya |
4 | Menangkap ikan dengan bahan peledak | Memusnahkan ekosistem yang ada di laut, merusak terumbu karang | Tidak manangkap ikan dengan pukat harimau |
Penskoran :
Setiap jawaban benar 2 skor, salah 0
Skor yang di peroleh
N :---------------------------- x 100
Skor maksimum
Tuban, 31 januari 2011
Mengetahui
Guru pamong praktikum
Kasurip, S.pd Eko Budi Prasetyo
NIP;_________ NIM: 111 909 0867
tengkiyu gan atas rppnya.
BalasHapus