RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SDN Getas
Mata Pelajaran :Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :IV
/II
Hari/ Tanggal :Selasa,1
Maret 2011
Alokasi Waktu :2
x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
1.
Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan
lingkungan, teknologi, dan masyarakat
B.
Kompetensi
Dasar
1.
Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam
dengan lingkungan
C.
Indikator
1. Kognitif
Produk
a. Siswa
dapat memahami peta konsep tentang sumber daya alam dengan baik.
b. Siswa
dapat menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi
dan masyarakat dengan benar dan lancar
Proses
a. Siswa
dapat melaksanakan kerja kelompok dengan mengidentifikasi sumber daya alam
dengan baik
b. Siswa
dapat melaksanakan eksplorasi tentang sumber daya alam yang dapat bermanfaat
bagi manusia dengan baik
2. Afektif
a. Siswa
mampu memberi cotoh bebrapa sumber daya alam dengan baik
3. Psikomotor
a. Siswa
terampil membuat peta konsep tentang sumber daya alam dengan benar
b. Siswa
mampu mengelompokan benda yang berasal dari tumbuhan dan dari hewan serta dari
benda yang tidak hidup dengan benar
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Kognitif
Produk
a. Siswa
dapat memahami peta konsep tentang sumber daya alam dengan baik.
b. Siswa
dapat menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi
dan masyarakat dengan benar dan lancar
Proses
a. Siswa
dapat melaksanakan kerja kelompok dengan mengidentifikasi sumber daya alam
dengan baik
b. Siswa
dapat melaksanakan eksplorasi tentang sumber daya alam yang dapat bermanfaat
bagi manusia dengan baik
2. Afektif
a. Siswa
mampu memberi cotoh bebrapa sumber daya alam dengan baik
3. Psikomotor
a. Siswa
terampil membuat peta konsep tentang sumber daya alam dengan benar
b. Siswa
mampu mengelompokan benda yang berasal dari tumbuhan dan dari hewan serta dari
benda yang tidak hidup dengan benar
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Sumber daya alam dan kelompok benda menurut
asalnya
F.
Metode
dan Media Pembelajaran
1.
Metode Pembelajaran : Penugasan, Tanya jawab, Ceramah
2.
Media Pembelajaran : Penggunaan Gambar, Foto dll
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Pelaksanaan
|
1. Kegiatan
Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa mengingat
kembali materi sebelumnya
b. Orientasi
Guru menjelaskan langkah-langkah
pembelajaran
c. Motivasi
Guru menjelaskan tentang sumber
daya alam dan beberapa benda yang berasal dari hewan, tumbuhan
2. Kegiatan
Inti
a. Guru
menjelaskan tentang peta konsep sumber daya alam
b. Guru
meminta siswa untuk mendiskusikan dengan kelompok masing-masing tentang
penggolongan benda menurut asalnya
c. Siswa
melanjutkan diskusi kelompok tentang beberapa manfaat sumber daya alam bagi
kebutuhan manusia
d. Tiap-tiap
kelompok menugaskan wakil kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi di
depan kelas dan kelompok lain menanggapi
3. Penutup
a. Guru
merangkum dan menyimpulkan isi materi yang diberikan
b. Guru
memberikan tes tertulis
c. Guru
memberikan penilaian tes yang diberikan
|
15 menit
35 menit
20 menit
|
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
|
H.
Penilaian
1.
Penilaian proses
2.
Penilaian produk
I.
Sumber
Belajar
1. Buku
paket IPA kelas IV, Penerbit Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Indonesia
2. LKS
Belia, Penerbit Kuala Pustaka
Mengetahui,
Kepala SDN Getas
(SITI
MURYANINGSIH, SPd)
NIP :195206031974011007
|
Guru Pamong
(SUNTARI, SPd)
NIP :196203091982012012
|
Guru Praktek
(EKO BUDIPRASETYO)
RANGKUMAN MATERI
1.
Perubahan kenampakan bumi antara lain
a.
Perubahan karena air: erosi, abrasi, pasang
surut air laut
b.
Perubahan faktor lain: banjir, kebakaran,
deflasi/korasi
2.
Pengaruh musim terhadap manusia, tumbuhan dan
tingkah laku hewan
a.
Pengaruh musim kemarau: wabah penyakit mata,
diare, tumbuhan meranggas
b.
Pengaruh musim penghujan: banjir, tumbuhan berbunga dan berbuah
3.
Perubahan di langit
a.
Matahari: gerak semu harian matahari seolah-olah
matahari terbit dati timur
b.
Bulan: perubahan bentuk/ fase bulan
c.
Bintang : kadang kelihatan bercahaya terang,
kadang kelihatan redup
4.
Penyebab perubahan lingkungan fisik: angin,
hujan, matahari, gelombang laut
5.
Sumber daya alam dan hasil pengolahan berupa:
tumbuhan, hewan dan bahan alam yang tidak hidup
6.
Proses pembuatan benda membutuhkan teknologi
7.
Pengambilan bahan alam tanpa usaha pelestarian
mengakibatkan kerugian bagi manusia
KISI-KISI SOAL
NO
|
BENTUK SOAL
|
RANAH
|
No. Urut Soal
|
||
C 1
|
C 2
|
C 3
|
|||
1
|
Apakah yang
dimaksud dengan erosi?
|
√
|
C 1: 2, 5, 9
|
||
2
|
Sebutkan 3
benda langit yang kamu ketahui!
|
√
|
C 2: 1, 6, 7, 10,
|
||
3
|
Sebutkan 3
sumber daya alam yang dapat diperbaharui!
|
√
|
C 3: 3, 4, 8
|
||
4
|
Sebutkan 3
cara untuk mencegah terjadinya erosi!
|
√
|
|||
5
|
Upaya apa
yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian alam?
|
√
|
|||
6
|
Pengikisan
tanah yang disebabkan oleh air laut disebut.......
|
√
|
|||
7
|
Yang harus
diperhatikan dalam pemanfaatan sumber daya alam adalah....
|
√
|
|||
8
|
Sumber
energi yang utama bagi semua makhluk hidup adalah....
|
√
|
|||
9
|
Benda langit
yang merupakan satelit bumi adalah........
|
√
|
|||
10
|
Bahan
tambang ayang diperoleh dengan cara didulang adalah....
|
√
|
Lembar Kerja Siswa
1.
Apakah yang dimaksud dengan erosi?
2.
Sebutkan 3 benda langit yang kamu ketahui!
3.
Sebutkan 3 sumber daya alam yang dapat
diperbaharui!
4.
Sebutkan 3 cara untuk mencegah terjadinya
erosi!
5.
Upaya apa yang dapat dilakukan untuk menjaga
kelestarian alam?
6.
Pengikisan tanah yang disebabkan oleh air laut
disebut.......
7.
Yang harus diperhatikan dalam pemanfaatan
sumber daya alam adalah....
8.
Sumber energi yang utama bagi semua makhluk
hidup adalah....
9.
Benda langit yang merupakan satelit bumi
adalah........
10.
Bahan tambang ayang diperoleh dengan cara
didulang adalah....
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar