Jumat, 09 September 2011

RPP IPS kelas 4 semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SDN Getas
Mata Pelajaran            :Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            :IV /II
Hari/ Tanggal              :Rabu, 22 Februari 2011
Alokasi Waktu            :2 x 35 menit
A.    Standar Kompetensi
1.    Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan   provinsi
B.       Kompetensi Dasar
1.    Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
C.    Indikator
1.      Kognitif
Produk
a.       Siswa dapat menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerah-nya dengan baik. 
b.      Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di daerah dengan benar dan lancar
Proses
a.    Siswa dapat Mengelompokkan sumber daya alam di daerahnya dengan baik
b.    Siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
2.      Afektif
a.       Siswa dapat mengetahui perlunya melestarikan sumber daya alam dengan baik
3.      Psikomotor
a.       Siswa dapat menunjukkan tempat kegiatan ekonomi dan sumber daya alam di daerah setempat
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif
Produk
a.       Siswa dapat menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerah-nya dengan baik. 
b.      Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di daerah dengan benar dan lancar
Proses
a.    Siswa dapat Mengelompokkan sumber daya alam di daerahnya dengan baik
b.    Siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
2.      Afektif
a.       Siswa dapat mengetahui perlunya melestarikan sumber daya alam dengan baik
3.      Psikomotor
a.       Siswa dapat menunjukkan tempat kegiatan ekonomi dan sumber daya alam di daerah setempat

E.     Materi Pembelajaran
1.    Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di lingkungan setempat
F.     Metode dan Media Pembelajaran
1.      Metode Pembelajaran : Penugasan, Tanya jawab, Ceramah
2.      Media Pembelajaran    : Penggunaan Gambar, Foto dll
G.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Waktu
Pelaksanaan
1.      Kegiatan Awal
a.       Apersepsi
Guru mengajak siswa mengingat materi yang sebelumnya diajarkan
b.      Orientasi
Guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran
c.       Motivasi
Guru menjelaskan tentang sumber daya alam dan kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
2.      Kegiatan Inti
a.       Guru menyebutkan beberapa kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
b.      Guru menyediakan gambar-gambar tentang bentuk sumber daya alam dan kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
c.       Guru meminta siswa untuk mendiskusikan dengan kelompok masing-masing dengan mengidentifikasi bentuk kegiatan ekonomi di daerahnya
d.      Siswa melanjutkan diskusi kelompok tentang bentuk sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
e.       Tiap-tiap kelompok menugaskan wakil kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok lain menanggapi
3.      Penutup
a.       Guru merangkum dan menyimpulkan isi materi yang diberikan
b.      Guru memberikan tes tertulis
c.       Guru memberikan penilaian tes yang diberikan 
15 menit

















35 menit














20 menit
Terlaksana

















Terlaksana














Terlaksana



H.    Penilaian
1.      Penilaian proses
2.      Penilaian produk
I.       Sumber Belajar
1.      Gambar-gambar bentuk sumber daya alam dan kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
2.      Atlas Indonesia
3.    Buku paket IPS kelas IV, Penerbit Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Indonesia
4.    LKS Belia, Penerbit Kuala Pustaka






Mengetahui,
Kepala SDNGetas

            (SITI MURYANINGSIH, SPd)
              NIP :195206031974011007


          Guru Pamong

     (SUNTARI, SPd)
NIP :196203091982012012


Guru Praktek


(EKO BUDI PRASETYO)


RANGKUMAN MATERI

       Kegiatan ekonomi sangat erat hubungannya dengan sumber daya alam. Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berada di alam yang berupa benda mati atau makhluk hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan manusia untuk mencukupi kebutuhan manusia. Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua yaitu: sumber daya alam yang dapat diperbaharui diantaranya tanah, tumbuhan, hutan, hewan, air, dan udara. Sedangkan yang ke dua yaitu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui contohnya yaitu minyak bumi, batu bara, gas bumi, mineral.
       Sumber daya manusia merupakan sumber daya yang paling penting karena sumber daya manusia itulah yang menentukan kelanjutan sumber daya alam di daerahnya. Pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi
·  Mata pencaharian penduduk pantai diantaranya; nelayan, pengusaha tambak, petani tambak, petani garam
·      Mata pencaharian penduduk dataran rendah diantaranya; petani, buruh tani, pedagang hasil bumi, peternak
·      Mata pencaharian penduduk dataran tinggi yaitu sebagai petani perkebunan, peternak, pedagang hasil perkebunan, buruh perkebunan
·      Mata pencaharian penduduk di daerah perkotaan diantaranya yaitu; pekerja jasa, wiraswasta, pedagang, karyawan swasta















KISI-KISI SOAL

NO
BENTUK SOAL
RANAH
No. Urut Soal
C 1
C 2
C 3
1
Sebutkan 3 macam mata pencaharian penduduk yang tinggal di daerah dataran tinggi!



C 1: 2, 5, 9
2
Sumber daya alam dibedakan menjadi berapa? Sebutkan!



C 2: 1, 6, 7, 10,
3
Berikan contoh kegiatan yang dapat menjaga kelestarian hutan!



C 3: 3, 4, 8
4
Kegiatan ekonomi dibagi menjadi tiga sebutkan!




5
Sebutkan 5 contoh jenis sumber daya alam hasil perkebunan!




6
Kebutuhan akan makanan, pakaian, tempat tinggal disebut kebutuhan.......




7
Petani yang mengolah sawah atau ladang orang lain disebut....




8
Pengusaha tambak termasuk mata pencaharian masyarakat di daerah....




9
Pemanfaatan kayu untuk bahan bangunan adalah salah satu pemanfaatan sumber daya alam........




10
Kegiatan manusia untuk mendapatkan penghasilan dalam memenuhi kebutuhan hidup disebut kegiatan....










Lembar Kerja Siswa

1.             Sebutkan 3 macam mata pencaharian penduduk yang tinggal di daerah dataran tinggi!
2.             Sumber daya alam dibedakan menjadi berapa? Sebutkan!
3.             Berikan contoh kegiatan yang dapat menjaga kelestarian hutan!
4.             Kegiatan ekonomi dibagi menjadi tiga sebutkan!
5.             Sebutkan 5 contoh jenis sumber daya alam hasil perkebunan!
6.             Kebutuhan akan makanan, pakaian, tempat tinggal disebut kebutuhan.......
7.             Petani yang mengolah sawah atau ladang orang lain disebut....
8.             Pengusaha tambak termasuk mata pencaharian masyarakat di daerah....
9.             Pemanfaatan kayu untuk bahan bangunan adalah salah satu pemanfaatan sumber daya alam........
10.         Kegiatan manusia untuk mendapatkan penghasilan dalam memenuhi kebutuhan hidup disebut kegiatan....



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar