RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SDN Getas
Mata Pelajaran :Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester :IV
/II
Hari/ Tanggal :Rabu,
22 Februari 2011
Alokasi Waktu :2
x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
1.
Mengenal
sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten / kota dan provinsi
B.
Kompetensi
Dasar
1. Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan
dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
C.
Indikator
1. Kognitif
Produk
a. Siswa dapat menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di
daerah-nya dengan baik.
b. Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang
ada di daerah dengan benar dan lancar
Proses
a. Siswa dapat Mengelompokkan
sumber daya alam di daerahnya dengan baik
b. Siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerah tempat
tinggalnya
2. Afektif
a. Siswa dapat mengetahui perlunya melestarikan sumber daya alam dengan baik
3. Psikomotor
a. Siswa
dapat menunjukkan tempat kegiatan
ekonomi dan sumber daya alam di daerah setempat
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Kognitif
Produk
a. Siswa dapat menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di
daerah-nya dengan baik.
b. Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang
ada di daerah dengan benar dan lancar
Proses
a. Siswa dapat Mengelompokkan
sumber daya alam di daerahnya dengan baik
b. Siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerah tempat
tinggalnya
2. Afektif
a. Siswa dapat mengetahui perlunya melestarikan sumber daya alam dengan baik
3. Psikomotor
a. Siswa
dapat menunjukkan tempat kegiatan
ekonomi dan sumber daya alam di daerah setempat
E.
Materi
Pembelajaran
1. Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di
lingkungan setempat
F.
Metode
dan Media Pembelajaran
1.
Metode Pembelajaran : Penugasan, Tanya jawab, Ceramah
2.
Media Pembelajaran : Penggunaan Gambar, Foto dll
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Pelaksanaan
|
1. Kegiatan
Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa mengingat
materi yang sebelumnya diajarkan
b. Orientasi
Guru menjelaskan langkah-langkah
pembelajaran
c. Motivasi
Guru menjelaskan tentang sumber
daya alam dan kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
2. Kegiatan
Inti
a. Guru
menyebutkan beberapa kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
b. Guru
menyediakan gambar-gambar tentang bentuk sumber daya alam dan kegiatan
ekonomi di lingkungan setempat
c. Guru
meminta siswa untuk mendiskusikan dengan kelompok masing-masing dengan
mengidentifikasi bentuk kegiatan ekonomi di daerahnya
d. Siswa
melanjutkan diskusi kelompok tentang bentuk sumber daya alam dan potensi lain
di daerahnya
e. Tiap-tiap
kelompok menugaskan wakil kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi di
depan kelas dan kelompok lain menanggapi
3. Penutup
a. Guru
merangkum dan menyimpulkan isi materi yang diberikan
b. Guru
memberikan tes tertulis
c. Guru
memberikan penilaian tes yang diberikan
|
15 menit
35 menit
20 menit
|
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
|
H.
Penilaian
1.
Penilaian proses
2.
Penilaian produk
I.
Sumber
Belajar
1. Gambar-gambar
bentuk sumber daya alam dan kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
2. Atlas
Indonesia
3. Buku
paket IPS kelas IV, Penerbit Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Indonesia
4. LKS
Belia, Penerbit Kuala Pustaka
Mengetahui,
Kepala SDNGetas
(SITI
MURYANINGSIH, SPd)
NIP :195206031974011007
|
Guru Pamong
(SUNTARI, SPd)
NIP :196203091982012012
|
Guru Praktek
(EKO BUDI PRASETYO)
RANGKUMAN MATERI
Kegiatan ekonomi sangat erat hubungannya dengan sumber daya alam. Sumber
daya alam adalah segala sesuatu yang berada di alam yang berupa benda mati atau
makhluk hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan manusia untuk
mencukupi kebutuhan manusia. Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua
yaitu: sumber daya alam yang dapat diperbaharui diantaranya tanah, tumbuhan,
hutan, hewan, air, dan udara. Sedangkan yang ke dua yaitu sumber daya alam yang
tidak dapat diperbaharui contohnya yaitu minyak bumi, batu bara, gas bumi,
mineral.
Sumber daya manusia merupakan sumber daya yang paling penting karena
sumber daya manusia itulah yang menentukan kelanjutan sumber daya alam di
daerahnya. Pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi
· Mata
pencaharian penduduk pantai diantaranya; nelayan, pengusaha tambak, petani
tambak, petani garam
·
Mata pencaharian penduduk dataran rendah
diantaranya; petani, buruh tani, pedagang hasil bumi, peternak
·
Mata pencaharian penduduk dataran tinggi yaitu
sebagai petani perkebunan, peternak, pedagang hasil perkebunan, buruh
perkebunan
·
Mata pencaharian penduduk di daerah perkotaan
diantaranya yaitu; pekerja jasa, wiraswasta, pedagang, karyawan swasta
KISI-KISI SOAL
NO
|
BENTUK SOAL
|
RANAH
|
No. Urut Soal
|
||
C 1
|
C 2
|
C 3
|
|||
1
|
Sebutkan 3
macam mata pencaharian penduduk yang tinggal di daerah dataran tinggi!
|
|
√
|
|
C 1: 2, 5, 9
|
2
|
Sumber daya
alam dibedakan menjadi berapa? Sebutkan!
|
√
|
|
|
C 2: 1, 6, 7, 10,
|
3
|
Berikan
contoh kegiatan yang dapat menjaga kelestarian hutan!
|
|
|
√
|
C 3: 3, 4, 8
|
4
|
Kegiatan
ekonomi dibagi menjadi tiga sebutkan!
|
|
|
√
|
|
5
|
Sebutkan 5
contoh jenis sumber daya alam hasil perkebunan!
|
√
|
|
|
|
6
|
Kebutuhan
akan makanan, pakaian, tempat tinggal disebut kebutuhan.......
|
|
√
|
|
|
7
|
Petani yang
mengolah sawah atau ladang orang lain disebut....
|
|
√
|
|
|
8
|
Pengusaha
tambak termasuk mata pencaharian masyarakat di daerah....
|
|
|
√
|
|
9
|
Pemanfaatan
kayu untuk bahan bangunan adalah salah satu pemanfaatan sumber daya
alam........
|
√
|
|
|
|
10
|
Kegiatan
manusia untuk mendapatkan penghasilan dalam memenuhi kebutuhan hidup disebut
kegiatan....
|
|
√
|
|
|
Lembar Kerja Siswa
1.
Sebutkan 3 macam mata pencaharian penduduk
yang tinggal di daerah dataran tinggi!
2.
Sumber daya alam dibedakan menjadi berapa?
Sebutkan!
3.
Berikan contoh kegiatan yang dapat menjaga
kelestarian hutan!
4.
Kegiatan ekonomi dibagi menjadi tiga sebutkan!
5.
Sebutkan 5 contoh jenis sumber daya alam hasil
perkebunan!
6.
Kebutuhan akan makanan, pakaian, tempat
tinggal disebut kebutuhan.......
7.
Petani yang mengolah sawah atau ladang orang
lain disebut....
8.
Pengusaha tambak termasuk mata pencaharian
masyarakat di daerah....
9.
Pemanfaatan kayu untuk bahan bangunan adalah
salah satu pemanfaatan sumber daya alam........
10.
Kegiatan manusia untuk mendapatkan penghasilan
dalam memenuhi kebutuhan hidup disebut kegiatan....
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar