RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :SDN Getas
Mata Pelajaran :Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester :V
/II
Hari/ Tanggal :-
Alokasi Waktu :2
x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
1. Menghargai peranan tokoh pejuang dan
masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
B.
Kompetensi
Dasar
1.
Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan
kemerdekaan Indonesia
C.
Indikator
1. Kognitif
Produk
a. Siswa
dapat mengidentifikasi pristiwa-peristiwa penting yang terjadi di sekitar
Proklamasi (peristiwa Rengas dengklok, penyusunan teks proklamasi, dan
detik-detik proklamasi) dengan baik.
b. Siswa
dapat menjelaskan peranan tokoh yang terlibat dalam peristiwa proklamasi dengan
benar dan lancar
Proses
a. Siswa
dapat melaksanakan kerja kelompok tentang peristiwa Rengas dengklok dan proses
penyusunan teks proklamasi dengan baik
b. Siswa
dapat melaksanakan eksplorasi tentang peran salah satu tokoh dalam peristiwa
sekitar proklamasi dengan baik
2. Afektif
a. Siswa
mampu membiasakan nilai-nilai kepahlawanan dalam perilaku sehari-hari dengan
baik
3. Psikomotor
a. Siswa
terampil membuat garis waktu tentang tahapan peristiwa menjelang Proklamasi
dengan benar
b. Siswa
mampu membuat riwayat singkat tentang tokoh-tokoh penting dalam peristiwa
proklamasi, misalnya: Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Fatmawati dengan benar
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Kognitif
Produk
a. Siswa
dapat mengidentifikasi pristiwa-peristiwa penting yang terjadi di sekitar
Proklamasi (peristiwa Rengas dengklok, penyusunan teks proklamasi, dan
detik-detik proklamasi) dengan baik.
b. Siswa
dapat menjelaskan peranan tokoh yang terlibat dalam peristiwa proklamasi dengan
benar dan lancar
Proses
a. Siswa
dapat melaksanakan kerja kelompok tentang peristiwa Rengas dengklok dan proses
penyusunan teks proklamasi dengan baik
b. Siswa
dapat melaksanakan eksplorasi tentang peran salah satu tokoh dalam peristiwa
sekitar proklamasi dengan baik
2. Afektif
b. Siswa
mampu membiasakan nilai-nilai kepahlawanan dalam perilaku sehari-hari dengan
baik
3. Psikomotor
a. Siswa
terampil membuat garis waktu tentang tahapan peristiwa menjelang Proklamasi
dengan benar
b. Siswa
mampu membuat riwayat singkat tentang tokoh-tokoh penting dalam peristiwa
proklamasi, misalnya: Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Fatmawati dengan benar
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Peristiwa Sekitar Proklamasi
F.
Metode
dan Media Pembelajaran
1.
Metode Pembelajaran : Penugasan, Tanya jawab, Ceramah
2.
Media Pembelajaran : Penggunaan Gambar, Foto dll
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Pelaksanaan
|
1. Kegiatan
Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa menyanyikan
lagu ‘Hari Kemerdekaan’ dan mengingatkan kembali materi sebelumnya tentang
Masa persiapan kemerdekaan
b. Orientasi
Guru menjelaskan langkah-langkah
pembelajaran
c. Motivasi
Guru menjelaskan menghargai jasa
dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan, dengan alat bantu
gambar sebagai media
2. Kegiatan
Inti
a. Guru
membacakan isi teks proklamasi dengan nyaring
b. Guru
menyediakan gambar-gambar tokoh proklamasi dengan beberapa peran tokoh
masing-masing
c. Guru
meminta siswa untuk mendiskusikan dengan kelompok masing-masing tentang peran
tokoh proklamasi
d. Siswa
melanjutkan diskusi kelompok tentang peristiwa Rengas dengklok dan proses
penyusunan teks proklamasi
e. Tiap-tiap
kelompok menugaskan wakil kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi di
depan kelas dan kelompok lain menanggapi
3. Penutup
a. Guru
merangkum dan menyimpulkan isi materi yang diberikan
b. Guru
memberikan tes tertulis
c. Guru
memberikan penilaian tes yang diberikan
|
15 menit
35 menit
25 menit
|
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
|
H.
Penilaian
1.
Penilaian proses
2.
Penilaian produk
I.
Sumber
Belajar
1. Gambar-gambar
peristiwa proklamasi dan foto tokoh proklamasi
2. Atlas
Indonesia
3. Buku
paket IPS kelas V, Penerbit Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Indonesia
4. LKS
Belia, Penerbit Kuala Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar